RPP Seni Budaya Berkarakter (Versi Terbaru)


Sosialisasi tentang pengembangan kurikulum di tingkat satuan pendidikan sudah sering kali dilaksanakan. Materi yang cukup lengkap disampaikan mengenai pemahaman kurikulum itu sendiri, pengembangan silabus dan kompetensi dasar sampai pada penterjemahannya dalam beberapa indikator.

Dari sini diharapkan para guru mampu membaca silabus dan menerapkannya ke dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).  Karena penyusunan RPP inilah yang akan menjadi skenario dan target dari proses pembelajaran di dalam kelas.

Namun demikian, masih banyak teman-teman rekan guru yang merasa kesulitan dalam menafsirkan RPP ini terutama dengan munculnya format penyusunan yang baru.  Untuk itulah kami mencoba sedikit berbagai dengan harapan dapat membantu mengurangi kesulitan para rekan guru khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

Sebagai bahan rujukan, pada bagian akhir tulisan ini kami sediakan link download contoh atau model RPP  SENI BUDAYA sebagai bahan perbandingan.

Semoga bermanfaat.


PANDUAN PENGEMBANGAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I. Pendahuluan

Dalam rangka mengimplementasikan pogram pembelajaran yang sudah dituangkan di dalam silabus, guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.

Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi  Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian

II. Langkah-langkah Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mencantumkan identitas

  • Nama sekolah
  • Mata Pelajaran
  • Kelas/Semester
  • Alokasi Waktu

Catatan:

Ø  RPP disusun untuk satu Kompetensi Dasar.

Ø  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus yang disusun oleh satuan pendidikan

Ø  Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar yang bersangkutan, yang dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan. Oleh karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam  satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada karakteristik kompetensi dasarnya.

A.Standar Kompetensi

Standar Kompetensi adalah kualifikasi kemampuan peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada mata pelajaran tertentu. Standar kompetensi diambil dari Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Sebelum menuliskan Standar Kompetensi, penyusun terlebih dahulu mengkaji Standar Isi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :

a.    urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau SK dan KD

b.    keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

c.    keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

B. Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan minimal yang harus dimiliki peserta didik dalam rangka menguasai SK mata pelajaran tertentu. Kompetensi Dasar dipilih dari yang tercantum dalam Standar Isi. Sebelum menentukan atau memilih Kompetensi Dasar, penyusun terlebih dahulu mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

a.    Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan Kompetensi Dasar

b.    Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran

c.    Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran

C.Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran berisi  penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk pernyataan yang operasional dari kompetensi dasar. Apabila rumusan kompetensi dasar sudah operasional, rumusan tersebutlah yang dijadikan dasar dalam merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dapat terdiri atas sebuah tujuan atau beberapa tujuan.

D. Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran  adalah  materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran dikembangkan dengan mengacu pada materi pokok yang ada dalam silabus.

E. Metode Pembelajaran/Model Pembelajaran

Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan/atau strategi yang dipilih.

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Untuk mencapai suatu kompetensi dasar dalam kegiatan pembelajaran harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan dalam setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan :

1)      Kegiatan pendahuluan.

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.  Dalam kegiatan pendahuluan, guru; .

  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan  dipelajari.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
  • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2)      Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.  Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

A. EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
  • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, mediapembelajaran dan sumber belajar lain.
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
  • Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
  • Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.

B. ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

  • Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
  • Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
  • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
  • Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
  • Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
  • Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.
  • Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
  • Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
  • Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

C. KONFIRMASI

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

  • Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
  • Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
  • Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:

(1)  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.

(2)  Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.

(3)  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan

(4)  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belumberpartisipasi aktif.

 

3)   Kegiatan Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.  Dalam kegiatan penutup, guru:

  • Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
  • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
  • Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

 

G. Sumber Belajar

Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat, dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

H. Penilaian

Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data. Dalam sajiannya dapat dituangkan dalam bentuk matrik horisontal atau vertikal. Apabila penilaian menggunakan  teknik  tes tertulis uraian, tes unjuk kerja, dan tugas rumah yang berupa proyek harus disertai rubrik penilaian.

 

III. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                           : SMP………………………

Mata Pelajaran               : ……………………………..

Kelas/Semester              : ……………………………..

Alokasi Waktu                : ….. x  40 menit (…  pertemuan)

A.   Standar Kompetensi

B.   Kompetensi Dasar

C.  Tujuan Pembelajaran:

Pertemuan 1

Pertemuan 2

Dst

D.  Materi Pembelajaran

E.  Model/Metode Pembelajaran

F.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Mencakup eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi)

Pertemuan 1

Pertemuan  2

dst

G.  Sumber Belajar

H.  Penilaian

 

Model RPP Seni Budaya untuk seni rupa, seni musik dan seni tari :

Download RPP Seni Budaya Kelas VII semester Ganjil

Download RPP Seni Budaya Kelas VII semester Genap

Download RPP Seni Budaya Kelas VIII semester Ganjil

Download RPP Seni Budaya Kelas VIII semester Genap

Download RPP Seni Budaya Kelas IX semester Ganjil

Download RPP Seni Budaya Kelas IX semester Genap

About these ads

49 Komentar (+add yours?)

  1. Widi Poetra Haryono
    Jan 05, 2013 @ 09:54:19

    Pak, saya minta Silabus dan RPP Seni Budaya Teater SMK Semester Genap. ada…..????Tolong pak???…….

    Balas

  2. Pengurus
    Jul 27, 2012 @ 07:14:47

    Nazwa … silakan buka link diatas… untuk mengunduh silabus dan rpp
    atau buka di menu download :)

    Balas

  3. nazwa
    Jul 26, 2012 @ 09:10:13

    bapak,cariin rpp n silabus seni budaya kelas VII dong.makasih ya pak…

    Balas

  4. E.N
    Jul 26, 2012 @ 09:07:46

    ko susah bangat ya cari rpp seni budaya di ziddu,,,ajariin dunkkk???

    Balas

    • Pengurus
      Jul 27, 2012 @ 07:12:45

      silakan buka link diatas… untuk mengunduh silabus dan rpp
      atau buka di menu download :)
      setelah muncul dialog box dari ziddu silakan dimasukkan kode yang ditampilkan

      Balas

  5. eka
    Jun 21, 2012 @ 14:29:18

    salam, saya ubek-ubek silabus dan rpp smk jurusun musik (d/h smm) untuk masing-masing mata pelajaran (vokal dan instrumen) kok susah ya mungkin ada yang bisa bantu link dmna ya? trims

    Balas

  6. anas
    Jun 04, 2012 @ 11:41:21

    bisa minta rpp n silabus kesenian buat tingkat SMA pak guru?
    tolong dunk dikasih linknya…..

    Balas

  7. galihsaputro
    Apr 18, 2012 @ 09:28:48

    ini sangat bermanfaat….trimakasih banyk……

    Balas

  8. Sipri
    Mar 15, 2012 @ 08:53:51

    Tolong saya pak…bisa menemukan silabus seni musik kls VII,VIII,IX..Trims…!

    Balas

  9. Afrizal Rajo Mudo
    Feb 02, 2012 @ 23:27:12

    Terimakasih atas dimuatnya RPP Seni Budaya yang Berkarakter ini…Somoga Allah Membalasnya

    Balas

  10. Nanang S.Pd
    Feb 01, 2012 @ 11:25:49

    Terima kasih,….

    hanya tuhan yang dapat membalas semua amal baik anda, amiennnnnnnn

    Balas

  11. rita
    Nov 04, 2011 @ 21:27:26

    Di komputer saya susah sekali mendownload, bisakah admin mengirimkannya ke email saya, rpp seni budaya kelas VII, VIII, dan IX,? saya sangat membutuhkannya.
    Sebelumnya trims.

    Balas

    • Pengurus
      Nov 05, 2011 @ 10:01:33

      kesulitan apa yang dimaksud? mungkin kami bisa membantu..
      (setelah klik ‘download’ akan muncul konfirmasi dan memasukkan kode sandi untuk mulai mendownload)

      Balas

  12. sedyadiasto
    Okt 28, 2011 @ 10:45:09

    terimakasih atas penjelasannya

    ini sangat bermanfaat

    Balas

  13. Atix
    Sep 22, 2011 @ 02:49:58

    info: RPP Ee adl RPP model baru..ttp trnyta ad RPP paling gres..cb donk x aj sedulur sdh dapat..tularkan kpd kami..maturnuwun

    Balas

  14. ishtar
    Sep 15, 2011 @ 19:44:28

    makasih bantuannya,mas/mbak admin. sebetulnya saya mengajar di desa terpencil yang bahkan tidak ada akses listrik,jadi amat susah menentukan pola pembelajaran apa yang cocok. semoga materi ini bisa menjadi acuan saya dalam mengajar.

    Balas

  15. ida widiyawati
    Sep 11, 2011 @ 21:55:07

    makasihhh bgttt atas bantuannya n berbagi rpp ini sangat membantu bgt karna bentar lagi akreditasi sekolah semoga Allah SWT membalasnya…..amiennn!!!

    Balas

    • Pengurus
      Sep 12, 2011 @ 09:29:37

      Terima kasih kembali sdri.Ida..
      Memang ini yang menjadi tujuan kami, untuk bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman. Kami juga merasa masih banyak kekurangan untuk itu besar harapan kami agar melalui forum ini kita bisa belajar bersama-sama.
      Selamat ber Akreditasi..semoga sukses ! :)

      Balas

  16. setia
    Sep 03, 2011 @ 16:01:09

    Wah….sepertinya saya bisa terbantu skl dengan blok ini maklum saya guru baru yang sangat minim pengalaman dan haus akan info ttg pembelajaran seni budaya,,thanks teman seperjuangan….

    Balas

  17. Pengurus
    Agu 04, 2011 @ 09:14:14

    Untuk rekan-rekan guru seni budaya SMP yang mungkin membutuhkan referensi pengembangan silabus..dapat dilihat dan diunduh pada menu Download di blog ini.

    Salam Pendidikan..
    Terima kasih..

    Admin

    Balas

  18. putri
    Jul 28, 2011 @ 11:49:41

    by the way tidak ada silabus nya ia ?

    Balas

    • Pengurus
      Agu 02, 2011 @ 07:20:27

      Terima kasih sdri. Putri..
      Baik silabus maupun rpp sebenarnya sudah diatur dan ditetapkan, sesuai Permendiknas No.22 Tahun 2006. Didalamnya terdapat Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang kemudian dikembangkan oleh satuan pendidikan masing-masing.
      Jika maksudnya sebagai bahan referensi/perbandingan, mungkin bisa kami upload nanti.

      Balas

  19. iin insiyah
    Jul 20, 2011 @ 20:45:19

    kok rpp seni budaya smk ga ada mas admin… tolong sih amas admin…

    Balas

    • Pengurus
      Jul 22, 2011 @ 09:32:25

      Sdr. Iin.. terima kasih masukannya..
      untuk sementara sesuai dengan judul blog ini, kami masih membahas pembelajaran seputar pendidikan di SMP.
      Namun demikian saran anda sangat baik dan akan kami pertimbangkan untuk posting selanjutnya.

      Balas

  20. putri
    Jul 20, 2011 @ 10:16:45

    terima kasih tas bantuannya

    Balas

  21. Muhammad Tute Soupiyudin S.Pd
    Jul 19, 2011 @ 16:05:17

    alhamdullilah saya merasa bahagiadengan adanya blog ini mnambah wawasan karena saya bukan sarjana seni

    Balas

    • Pengurus
      Jul 22, 2011 @ 09:30:25

      Salam kenal sdr. Muhammad..
      jika bapak mengajar seni budaya tanpa latar belakang pendidikan seni..tidak perlu berkecil hati karena bapak tidak sendiri :)
      untuk itulah kami mencoba berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui blog ini..
      semoga harapan kami untuk sedikit bisa membantu teman-teman guru seni budaya bisa tercapai.

      Balas

  22. Attia Yuliana Djamal Syaiful, SP-Kendari,Sultra-
    Jul 13, 2011 @ 19:05:26

    Trimakasih banyak, atas RPP Seni Budaya Berkarakternya…semoga Allah SWT membalasNya dengan lebih untuk anda smw…amin!Sukses selalu untuk anda smw…dan smg sll ada info gratis u dunia pendidikan!

    Balas

  23. Lasting Love
    Jul 04, 2011 @ 10:37:34

    tksh forum in smkn mnmbh pemahamn qt ttg sstm pembel yg efktif,trutm mngnai eksprolasi,elaborasi dan knfrmsi,ad mskn lain utk tngkt smp gmn kl hx mngmbl mtri seni rupa dan sn musik sj?itpn dsesuaikn dgn kndsi yg ad. tksh infox

    Balas

    • Pengurus
      Jul 22, 2011 @ 09:15:27

      Terima kasih kembali…syukurlah kalau blog ini sedikit bermanfaat. Memang itu yang menjadi tujuan kami untuk saling belajar dan bertukar pengalaman khususnya dalam pembelajaran seni budaya di SMP.
      Sesuai dengan SNP memang dalam pembelajaran seni budaya dibolehkan minimal satu sub materi untuk disampaikan ke siswa (seni rupa, musik, tari atau teater) sesuai dengan kondisi masing (mungkin juga sesuai dengan tenaga pengajar yang ada)

      Balas

  24. M.Nur Amri
    Jul 01, 2011 @ 21:06:13

    tank’s berat blog anda cukup membantu saya tentang banyak hal sebagai guru seni budaya. terimah kasi mewakili teman teman di luwu timur sul-sel

    Balas

    • Pengurus
      Jul 02, 2011 @ 23:15:21

      Salam kenal bp.M.Nur.
      Terima kasih..sebagai guru kita memang masih perlu belajar bersama untuk menambah wawasan kita.
      Salam juga buat teman-teman guru Seni Budaya di Luwu Timur Sul-Sel

      Balas

  25. hendro
    Jun 08, 2011 @ 11:52:57

    tolong dong beri saya rpp dan silabus semester 1 dan 2 smp untuk seni tari

    Balas

    • Pengurus
      Jun 09, 2011 @ 10:26:33

      Terima kasih sdr.Hendro atas kunjungannya..
      untuk sementara RPP sudah bisa saudara unduh filenya, sedangkan silabus seni budaya mudah-mudahan segera dapat kami upload.

      Balas

  26. Gugun Gunawan
    Jun 04, 2011 @ 03:08:27

    wah situs ini bagus jika dikembangkan lagi dengan membuat sebuah link nasional hingga seluruh guru seni se Indonesia bisa berbagi dan belajar bersama dalam meningkatkan pengetahuannya tentang seni dan cara mengajar seni

    Balas

    • Pengurus
      Jun 09, 2011 @ 10:24:15

      Terima kasih sdr.Gugun,

      Kami jadi lebih bersemangat lagi untuk terus menyempurnakan blog ini.
      Sebagai pemula, kami memang masih harus belajar banyak, semoga harapan saudara dan harapan kami tentunya, forum ini dapat menjembatani komunikasi antar guru seni budaya. :)

      Balas

  27. Pipung m
    Mei 20, 2011 @ 23:54:37

    mathur nuwun sanget…..

    Balas

  28. Wahyu Warazta
    Apr 11, 2011 @ 09:53:02

    Trima ksh. Tolonh kirimkan progran tahunan & semesternya !!!!!

    Balas

  29. yayah kusbudiah
    Feb 01, 2011 @ 19:12:54

    Bagaimana dengan Silabus dan RPP berdasarkan standar proses?? dimana disana tercantum mengenai Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi / Permendiknasno 41 tahun 2007 tentang standar proses….barangkali sudah ada yang menyusun RPP nya….ditunggu..terimakasih

    Balas

    • Admin
      Feb 02, 2011 @ 00:05:02

      Terima kasih bu Yayah atas koreksi dan masukannya. Untuk itu kami sudah melakukan editing pada posting diatas.

      RPP Seni Budaya yang kami sediakan sudah mencakup tentang eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi, sedangkan untuk RPP mata pelajaran yang lain, akan kami pertimbangkan mudah-mudahan dalam waktu dekat segera kami sertakan link downloadnya.

      Balas

  30. Antonius I Wayan Trinada
    Jan 27, 2011 @ 09:18:12

    Tolong saya bis menemukan rpp seni musik kelas IX

    Balas

    • Admin
      Jan 27, 2011 @ 17:47:04

      sdr. Antonius..

      Untuk permintaan saudara sudah bisa di download pada link yang ada pada bagian akhir tulisan atas.
      RPP Seni Budaya Kelas IX semester ganjil dan genap
      urut sesuai kompetensi dasar pada silabus, mulai halaman pertama untuk seni rupa, seni musik sampai pada bagian akhir untuk seni tari.

      Salam.. :)

      Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan

21012011786

21012011785

21012011783

21012011782

More Photos

RSS Tentang Pendidikan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: