Ragam Karya Seni Rupa Nusantara

I. SENI RUPA NUSANTARA

Pengertian dari seni Nusantara adalah beragam bentuk kesenian yang tumbuh dan berkembang di masing-masing daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.  Ragam bentuk kesenian Nusantara tumbuh sebagai hasil olah budaya masyarakat yang hidup disuatu wilayah sesuai dengan adat istiadat dan kondisi lingkungannya.  Dari sekian banyak bentuk kesenian yang berkembang, salah satunya adalah bentuk karya seni rupa.

Bentuk karya seni rupa setiap daerah tidak sama, semua mempunyai ciri khas yang berbeda dengan daerah lain.  Hal ini dikarenakan karya seni rupa yang dihasilkan merupakan bentuk pengolahan gagasan, teknik, media maupun keahlian dari masyarakat yang mem-buatnya.

Meskipun bentuknya sangat beragam, kalian masih dapat menikmati keindahan dari beragam bentuk karya seni rupa daerah tersebut.  Mengapa ?  Karena seni mempunyai bebe-rapa sifat sebagai berikut :

a. Kreatif

Kemampuan untuk mengubah atau membuat sesuatu yang belum pernah ada.

b. Individu / kelompok

Ciri khas yang melekat pada sebuah karya yang membedakannya dengan hasil karya orang lain atau kelompok masyarakat lain.

c. Perasaan

Penciptaan seni selalu melibatkan emosi, ekspresi dan perasaan.

d. Abadi

Keindahan atau kesan yang disampaikan sipencipta karya akan diterima oleh orang yang melihat atau mendengarnya.  Hal ini akan bertahan dalam waktu yang lama tergantung pada keindahan yang dihasilkan.

e. Umum

Tidak mengenal batasan wilayah.  Seni dapat diterima secara umum oleh segala bangsa, bahasa berlaku sepanjang waktu.

Berdasarkan dimensinya

Karya seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu karya 2 dimensi dan karya 3 dimensi.  Pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi panjang, lebar dan tinggi atau volume. Karya seni yang mempunyai tiga ukuran disebut karya 3 dimensional atau tri matra, sedangkan karya seni yang hanya mempunyai dua ukuran yaitu panjang dan lebar disebut karya seni 2 dimensional.

Berdasarkan Kegunaannya

Karya seni yang dihasilkan manusia tidak semata-mata untuk keindahan saja, tetapi beberapa diantaranya dibuat untuk digunakan sebagai kebutuhan atau kelengkapan hidup.  Sehingga karya seni dibedakan menjadi dua yaitu karya seni rupa murni dan karya seni rupa terapan.

a.       Aplied art / Useful Art (Seni Terapan)

Yaitu karya seni yang dibuat selain untuk segi keindahan juga digunakan sebagai alat kebutuhan sehari-hari.  Dapat dikatakan, karya seni ini mempunyai fungsi ganda.  Contohnya : meja, kursi, sepatu, arsitektur bangunan, gerabah dan sebagainya.

b.      Pure Art / Fine Art  (Seni Murni)

Yaitu karya seni yang dibuat hanya untuk kebutuhan batin saja.  Pembuatannya hanya bertujuan untuk pemenuhan rasa keindahan dan kebutuhan ekspresi seniman saja.  Contohnya : lukisan dan patung karya para seniman.

II. MEDIA SENI RUPA 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI

Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan karya seni sering disebut dengan media.  Dengan menggunakan sarana atau media yang tepat, kalian dapat menuangkan ide atau gagasan sesuai dengan ekspresi dari dalam diri untuk membuat sebuah karya seni yang baik.   Untuk itu, sebelum belajar membuat karya yang baik harus memahami terlebih dulu mengenai bermacam media, sifat dan cara menggunakan serta teknik pembuatan karya.

Karya seni dapat tercipta melalui tiga jenis media yaitu media suara, gerak dan rupa atau gabungan ketiganya.  Namun pada materi ini, hanya dibahas mengenai media rupa saja.

a. Media karya 2 dimensi

Yaitu media yang digunakan untuk pembuatan karya seni dua dimensi.  Beberapa diantaranya adalah :

1. Pensil

Jenis pensil dibedakan berdasarkan tingkat kekerasan atau kehitaman karbonnya.  Untuk pensil berkode B menandakan jenis pensil lunak dan hitam.

Terdiri dari kode B, 2B, 3B sampai 6B, sangat tepat digunakan untuk media menggambar.

Untuk pensil berkode H menandakan jenis pensil keras.  Terdiri dari kode H, 2H, 3H sampai 6H, sering digunakan untuk menggambar proyeksi

2. Pensil Arang (Contee)

Terbuat dari sejenis arang halus dan biasa digunakan untuk menggambar potret.  Sifatnya hitam pekat dan agak sulit dihapus.

3. Pastel dan Crayon

Dua jenis media ini secara fisik bentuknya hampir sama, sehingga kalian seringkali kali keliru ketika membelinya tetapi sifat dan bahannya tidak sama.  Pastel (Oil Pastel) terbuat dari bahan kapur halus yang dicampur tepung warna  dan berbasis minyak. Jejak warnanya yang dihasilkan pastel sangat tajam dan kuat serta mempunyai daya lekat  yang baik pada kertas.  Sedangkan Crayon terbuat dari bahan kaolin (lilin) dengan tepung warna sehingga terlihat lebih mengkilap dan keras.

4. Pena

Alat gambar yang digunakan untuk media tinta.  Terbuat dari logam dengan ujung yang bermacam-macam bentuk dan ukurannya.

5. Tinta Bak

Dikenal juga dengan sebutan tinta Cina.  Warnanya hitam pekat dan tidak luntur jika kena air.  Kemasan tinta bak ini ada yang berbentuk cairan dalam botol dan berbentuk balok-balok kecil (dicairkan dulu sebelum digunakan).

6. Cat

Bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan basis pengencernya, yaitu :

a)      Cat air  (barbasis air)

Jenisnya ada 2 yaitu water colour yang bersifat transparan dan poster colour yang bersifat plakat.

b)      Cat Minyak (barbasis minyak)

Jenis cat ini biasa digunakan untuk melukis diatas kain atau kanvas.  Sifatnya tidak mudah kering dan warnanya tahan lama.

7. Kuas

Alat yang digunakan untuk mengoleskan cat keatas kertas atau kanvas. Ukuran bulunya ditandai dengan nomor kode yang tertulis pada gagang kuas.  Untuk jenis kuas cat air, bulunya halus dan bentuknya meruncing ketika dicelupkan ke dalam air.  Jenis kuas cat minyak, bulunya lebih kasar.

b. Media karya 3 dimensi

Media yang digunakan dalam berkarya seni 3 dimensi sangat beragam, diantaranya :

1.      Bahan Lunak

Contohnya  ; tanah liat, bubur kertas, bubur semen, lilin, bubur gips dan lain-lain

2.      Bahan Keras

Contohnya ; kayu, batu, marmer, logam dam sebagainya.

III. TEKNIK BERKARYA SENI RUPA

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, masing-masing daerah di Nusantara mempunyai bahan atau media yang berbeda sesuai dengan lingkungannya.  Hal ini juga berlaku pada  teknik pembuatan karya seni rupanya, meskipun secara umum semua teknik yang digunakan terdapat kemiripannya, seperti beberapa teknik berikut ini :

a.       Karya seni rupa 2 dimensi :

-          Untuk menggambar atau melukis digunakan teknik garis (linier), aquarel, pointilis, plakat, arsir atau dussel.

-          Untuk grafis digunakan teknik cetak saring (sablon)

-          Untuk seni batik menggunakan teknik tutup-celup

b.      Karya seni rupa 3 dimensi :

-          Untuk patung digunakan teknik pahat, butsir, cor, cetak-tuang, anyaman, las sambung dan sebagainya.

61 Komentar (+add yours?)

  1. afiffah rimha
    Sep 28, 2014 @ 11:21:10

    eemm aku kurang faham nih ma pljrn seni, tlong dong jlsin apa itu reklame, kolase, ilustrasi, sketsa, grafis dqn kriya,,, trims

    Balas

  2. sri wahyuni
    Jun 05, 2014 @ 13:26:05

    aqu ingin tnyak aspek yg perlu d prtmbang kn dlm mmbuat krya seni rupa terapan 3 d mensi adalah….?

    tlong kzh tw aqu ea krn qu cari d bku gx ad

    Balas

  3. DhiyanIsma
    Mei 16, 2014 @ 20:54:05

    Sebutkan dan jelaskan fungsi karya seni rupa nusantara

    Balas

  4. asriyunisaragih
    Des 12, 2013 @ 06:25:00

    it’s good idea invite my blog ya asriyunisaragih

    Balas

    • akil
      Jan 20, 2014 @ 19:39:33

      menurut saya seni yang di terapkan oleh anda cukup bagus namun ada kata-kata yang mugkin tidak dapat di mengerti…..

      Balas

  5. NSA (@chapiila_06)
    Nov 01, 2013 @ 17:10:08

    min akau punya tugas tapi gak ada d buki cetak. ini soalnya
    1. jelaskan yang berkaitan dengan ide dan gagasan kreatifitas dan gaya perorangan dan ekspresi
    2. dalam ragam keunikan gagasan dapat di kelompokkan menjadi 3 macam yaitu 1. Objek KSRT 2. tema karya seni rupa terapan 3. makna simbol karya seni rupa nusantara . jelaskan hal yg berkaitan dalam hal tersebut
    3. sebutkan dan jelaskan beberapa teknik dalam berkarya seni rupa terapan nusantara

    Balas

  6. runi nur rokhmawati
    Okt 25, 2013 @ 09:54:22

    Thx infonya :)

    Balas

  7. Eka Wahyu Fitria
    Agu 25, 2013 @ 22:28:43

    saya semakin mencintai seni :)

    Balas

  8. kaniapurba
    Agu 23, 2013 @ 20:46:48

    aku.bilang:lebih banyak makasih dari semua orang yang bilang makasih…….:)

    Balas

  9. kaniapurba
    Agu 23, 2013 @ 20:45:13

    makasiy,membuat aku bisa degan mudah memahami materi sekolah.

    Balas

  10. Hilmy si Seni Lovers
    Agu 21, 2013 @ 21:03:03

    terima kasih kk udah memberi informasi yang penting

    Dengan informasi ini saya bisa belajar tentang seni ^_^
    THANKS

    Balas

  11. adriska
    Apr 17, 2013 @ 22:51:41

    ahirnya dapett juga informasi,,,
    dari sini. menarik lagi. gambarnya is ok.
    tanks bangat, selsai dahhh tugas-tugas skolah…:)

    Balas

  12. nurmasita silaen
    Feb 11, 2013 @ 19:04:00

    thanks,. dengan adanya info ini saya dapat menyelesaikan tugas saya …..

    Balas

  13. senirupa
    Jan 20, 2013 @ 21:07:27

    Ternyata ada juga nech se Hobby dgn ane… salam senirupa pak guru,. tetap sukses dan terus berkarya
    Bekunjung Juga di Mari :Blog Senirupa

    Balas

  14. anisa.nurdiani
    Jan 19, 2013 @ 13:32:14

    thanks y. berkat bntuan.a smua tugas seni ku udah selesai, thanks

    Balas

  15. Tenry Maniezt
    Jan 15, 2013 @ 17:19:31

    thank’s
    dgn ad.x ini z bsa menyelesaikan tugaskhu yg dah lm menumpuk….

    Balas

  16. Nich Hana
    Jan 13, 2013 @ 20:05:30

    thanx.. walau susah nyarinya akhirnya ktemu. thanx y.. :)

    Balas

  17. Harryz Coolz
    Jan 13, 2013 @ 12:03:44

    berkat ini web gw bisa ngerjain tugas dri sekolah

    Balas

  18. orang awam
    Des 28, 2012 @ 06:24:21

    Informasi yg sangat berguna…

    Balas

  19. daud
    Sep 27, 2012 @ 15:42:19

    gambar nya mna !!!!!!!!

    Balas

  20. armie
    Sep 18, 2012 @ 20:40:25

    terimah kasih banyak atas bantuannya

    Balas

  21. i made rico rock
    Sep 03, 2012 @ 16:55:36

    thx

    Balas

  22. i made rico rock
    Sep 03, 2012 @ 16:54:45

    terimakasih

    Balas

  23. siti amalia
    Sep 01, 2012 @ 15:58:58

    makasih yah :)

    Balas

  24. d_lit3 group
    Agu 31, 2012 @ 15:34:39

    mkcih info.a….tpi,q gk butuh’; kurang ad gambar.a;
    ‘cez,’thnk you……

    @darlinto’lit3

    Balas

  25. nurul annisa
    Agu 29, 2012 @ 19:56:19

    makasih ya…..jd tugas kliping saya selesai

    Balas

  26. Rani
    Agu 23, 2012 @ 17:54:09

    terimakasih ya…
    atas bantuan’na, moga” nati nilai tugasku jadi bagus berkat bantuan anda…

    Balas

  27. gian
    Agu 08, 2012 @ 14:36:07

    wow that’s great

    Balas

  28. novi
    Agu 02, 2012 @ 09:53:59

    wow….
    lengkap bgetz…
    bljar jd gmpang

    Balas

  29. luki
    Jul 23, 2012 @ 19:39:01

    makasih ya!!

    Balas

  30. nenden
    Jul 03, 2012 @ 08:37:39

    ulasannya bagus dan menambah pengetahuan,bila ada waktu kunjungi juga blog saya di http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
    terimakasih :)

    Balas

  31. hans
    Jun 15, 2012 @ 07:30:31

    thank’s ea kepeda pencipta teknologi makasih bangeeeets,gw bisa blajar tanpa melihat buku…

    Balas

  32. Marsella Desriyarini Gui
    Apr 18, 2012 @ 17:32:04

    terimakash, materi ini membantuku dalam mengajar dan anak2ku jadi paham.

    Balas

  33. aditya launan
    Apr 17, 2012 @ 20:58:01

    aku dapat juara 1 umum,
    nilai seni rupaku juga adalah salah satu nilai tertinggi di laporan ku,,,
    aku senang …terima kasih yah..

    Balas

  34. desi arini hulinggi
    Apr 17, 2012 @ 20:46:05

    saya merasa nilai seni saya,membaik karena situs anda,,
    thanks yah,,,
    mudah2an TUHAN membalasnya…Amieen

    Balas

  35. tye septiani
    Mar 28, 2012 @ 18:04:26

    agak ribetttt cc law urusan ea dahh ma karya seni tw seni budaya

    Balas

  36. Lee Gyu Woon
    Mar 12, 2012 @ 14:02:53

    kok ga ad hal hal yg mempengaruhi karya seni rupa???

    Balas

  37. anisa aulingga (icha)
    Mar 04, 2012 @ 14:14:16

    trimakasih dengan adanya info ini dapat membantu kita lebih mengetahui beragam seni budaya indonesia dan juga membantu mengerjakan tugas

    Balas

  38. suhyun
    Feb 28, 2012 @ 11:53:22

    makasih banget atas infonya, ini ngebantu banget buat ngerjain tugas… :)

    Balas

  39. Reiza
    Feb 20, 2012 @ 14:12:53

    Trimakasih …… Semoga lebih Banyak lagi Ilmu yang Dibagikan

    Balas

  40. raukacalumut
    Feb 11, 2012 @ 12:44:48

    mksih ea………

    Balas

  41. hihi
    Jan 31, 2012 @ 21:16:47

    makasih yaa.. ngebantu banget ini buat tugas :D

    Balas

  42. putra
    Jan 30, 2012 @ 05:33:02

    mantap

    Balas

  43. simon
    Okt 18, 2011 @ 20:45:27

    thanks atas info nya nilai ku jdi bgs

    Balas

  44. tri alfiah
    Okt 09, 2011 @ 17:26:50

    mksih tas info’” a
    aq jd bsa ngrjain ulangan….

    Balas

  45. ahmad rofiqs
    Sep 07, 2011 @ 14:02:54

    thanks infonya

    Balas

  46. irlianha bagaskara william
    Sep 01, 2011 @ 07:16:23

    mkasih
    dgn adax ini tgas aq bisa selesai… :)

    Balas

  47. Vina cachuit tiramisyu swift
    Agu 15, 2011 @ 18:57:04

    Hai

    Balas

  48. Aiga
    Agu 15, 2011 @ 18:55:46

    hai klo boleh saya meminta anda menjelaskan smua”a tentang seni ?
    krim ke nope ini ya 082177949747
    oke d’tunggu ya sms”a

    Balas

  49. Dicka ramdani
    Agu 03, 2011 @ 11:36:25

    thank yaaaaaaaaaaa
    atas d buatnya situs ni sya bisa menyelesaikan tgz
    makasi yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Balas

  50. yoppy y.
    Jul 28, 2011 @ 17:21:37

    alhamdulillah dengan adanya situs ini saya bisa melengkapi adm yang ada. mudah2n bertambah lagi org2 yang dermawan dalam ilmu.sehingga amalnya tidak putus.amin

    Balas

  51. herik andika
    Apr 26, 2011 @ 19:28:51

    terimakasih…
    dengan adanya ini saya bisa menyelesaiakn tugasku..

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan

21012011786

21012011785

21012011783

21012011782

More Photos

RSS Tentang Pendidikan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: