Perencanaan Pergelaran Tari

A. PERENCANAAN PERGELARAN TARI

Perencanaan adalah suatu proses untuk menetapkan apa yang akan dicapai dan bagaimana mencapainya. Perencanaan adalah langkah awal sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya dibuat dalam bentuk tertulis dengan jelas. Perencanaan yang dibuat secara tertulis disebut proposal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat perencanaan tertlis yaitu menentukan tema pagelaran, menentukan rencana kegiatan, menyusun program pergelaran serta mnentukan tempat pergelaran.

1. Menentukan Tema Pagelaran

Tema adalah sesuatu yang akan dicapai. Dengan kata lain tema merupakan jiwa sesuatu kegiatan. Tema pagelaran sabngat penting karena sebagai pedoman untuk bertindak. Dalam pagelaran tari tema dapat dimunculkan dalam kisah yang akan dipertunjukan. Dalam menentukan tema, dapat juga dihubungkan dengan hari bear nasional misalnya tema perjuangan, kepahlawanan, kebudayaan dan lain-lain.

2. Menentukan Rencana Kegiatan

Yang dimaksud rencana kegiatan adalah tindakan yang akan kita lakukan secra tertulis. Rencana kegiatan masih bersifat teknis dan berbentuk garis besar atau hal-hal yang pokok. Misalnya :

§  Jenis kegiatan berupa pergelaran tari

§  Tempat pergelaran

§  Pelaksanaan pergelaran

§  Karya yang akan dipergelarkan

3. Menyusun program Pergelaran Tari

Setelah rencana kegiatan disepakati dan dipahami bersama, langkah berikutnya adalah menyusun program pergelaran. Program acara merupakan rencana kegiatan yang detail, misalnya apakah dilakukan pada hari yang sama, macam pergelaran tari apa yang akan dipergelarkan dan apa saja yang dilakukan pada saat pembukaan dan penutupan.

4. Menentukan Tempat Pergelaran Tari

Tempat merupakan komponen yang sangat penting dalam pergelaran dalam pergelaran tari. Letaknya berda diluar atau di dalam ruangan, dan kapasitasnya orang ang dapat ditampung banyak atau sedfikit. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat pegelaran adalah :

§  Nyaman, memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk mengepresikan karya seni.

§  Tertib dan lancar, pengaturan aus satu arah sehingga pengunjung tidak tabrakan.

5. Pengorganisasian  Pergelaran Tari

Oranisasi adalah suatu wadah bekerja sama untuk mencapai tujuan yang kan dicapai. Dalam pergelaran tari organisasi dimaksudkan pembentukan panitia yang bertugas menyusundan merencanakan kegiatan secara matang. Adapun panitia organisasi yang diperlukan dalam pergelaran tari adalah :

§  Direktur/Ketua (sutradara)

§  Stage manager

§  Aktor/aktris dibantu oleh crew, stage crew, property crew, ligh crew, costum crew,  sound  crew.

§  Business nmanager yang dibantu oleh house manager dan publicity manager atau box office manager.

1.    Business manager  memegang, mengurusi serta menggunakan masalah keuangan yang merupakan modal dalam kegiatan pergelaran tari.

2.    House manager adalah seksi yang mengurusi serta mempersiapkan, mengatur masalah tempat penonton, mengecek tiket/undangan, membagi brosur, tenaga/staf manager disebut liser.

3.    Stage manager, seksi yang bertugas mengkoordinasikan pergelar. Koordinasi ini langsung kepada pemain, urusan pentas (stage), perlengkapan pentas (property crew), urusan lampu (laiht crew), urusan rias/busana (costum crew), urusan pengeras suara (sound crew).

4.    Direktur/ketua adalah orang yang berkoordinasi langsung kepada business manager, sedang sutradara koordinasinya langsung kepada stage manager aau aktor/aktris. Business manager langsung dapat berkoordinasi dengan msing-masing seksi dengan sepengetahuan atau bersama-sama direktur/ketua.

5.    Keberhasilan tugas business manager banyak dipengaruhi atau mendapat bantuan dari publicity manager (publikasi), sedangkan box office manager tugasnya adalah menjual tiket/karcis dalam pergelaran.

Dalam kegiatan pagelaran tari yang besar dan professional, kepanitiaan ini mutlak harus ada namaun ountuk lingkunagan sekolah cukup siswa dan kepanitiaan disesuaiakan dengan jenis kegitan yang diperlukan dalam pergelaran. Dalam kepanitiaan pergelaran tari peranan penting adalah secretariat seksi pementasan yang bertugas menemani materi pergelaran. Sekertariat bekerja sama dengan seksi pementasan harus menjalin hubungan yang baik dalam menentukan :

    • Jadwal latihan
    • Merencanaka kebutuhan perlengkpaan dan alat-alat yang diperlukan dalam pergelaran.
    • Menentukan jumlah undangan yang dihadirkan
    • Mengecek segala hasil kegiatan persiapan secara rutin
    • Menentukan walktu latihan dengan iringan.
    • Menentukan gladi bersih (general repetisi) yang dilakukan dua hari sebelum pergelaran dilaksankan.

B. FUNGSI PERGELARAN TARI

Kegiatan pagelaran memiliki manfaat langsung dan tidak langsung. Manfaat langsung adalah sebagai media untuk berekpresi diri, untuk berkomunikasi, untuk mengembangkan bakat, dan apresiasi. Sedangkan manfaat tidak langsung adalah dapat mengembangkan kepekaan terhadap alam sekitar dan menambah kehalusan budi pekerti.

1. Media Expresi Diri

Melalui pergelaran seseorang memiliki kesempatan untuk mengepresikan dirinya dabn menciptakan karya seni untuk diperlihartkan kepada orang lain.

2. Media Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan kepada orang lain secra timbal balik  sehingga dan kesepahaman antara pengirim pesan dan penerima pesan. Dalam komunikasi ada pesan, isi pesan, penerima pesan. Melalui pergelaran ini pencipta seni dapat menyampaikan pesan perasaannya atau pesan-pesan social yang berwujucdm karya seni kepada penikmat seni.

3. Media Pengembangan Bakat

Bakat adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia sejak lahir. Namun demikian bakat tidak akan berkembang dengan baik bila lingkungan sekitar tidak memberikan kesempatan untuk berkembang. Oleh karena itu, dengan adanya pergelaran seseorang diberi kesempatan mengembangkan bakat karya seni.

4. Media Apresiasi

Apresiasi adalah totalitas kegiatan meliputi pengamatan,penghayatan,penilaian dan penghargaan terhadap sesuatu. Dengan adanya pergelaran seseorang dapat melakukan pengamatan terhadap karya seni dan memberikan penilaian. Penilaian ini menjadi masukan kepada pecinta seni untuk karya berikutnya.

7 Komentar (+add yours?)

  1. Walsyawal2
    Apr 02, 2014 @ 22:34:36

    Tanks…

    Balas

  2. johanna dewi artanti
    Jun 05, 2013 @ 20:08:40

    very good…thanks

    Balas

  3. Eza
    Nov 22, 2012 @ 19:02:07

    kalo maksud judul dalam pergelaran tari apa yh ??

    Balas

  4. wilda
    Nov 09, 2012 @ 19:14:17

    beda sma yang dibuku

    Balas

  5. Alfian
    Jun 06, 2012 @ 19:20:08

    Bagus, terimakasih informasinya.

    Balas

  6. ichimeida
    Mar 30, 2012 @ 20:53:46

    Kala di buku saya 1 lagi fungsi PERGELARAN yaitu media komunikasi, bisa kasi tau pengertian fungsi PERGELARAN sebagai media komunikasi ga’?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan

21012011786

21012011785

21012011783

21012011782

More Photos

RSS Tentang Pendidikan

  • Permendikbud tentang Kurikulum SMA, KTSP, Ekstra Kurikuler, Pramuka, dan Peminatan
    Kini saatnya merapatkan barisan untuk berfikir besar, berjiwa besar dan bertindak besar demi kemajuan profesi Bimbingan dan Konseling di Indonesia dan mari kita dukung untuk segera lahir Permendikbud tentang Bimbingan dan Konseling! Read more ›
  • [Draft] Peraturan Menteri tentang Pembelajaran dan Pedoman Penilaian Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013
    Download draft Peraturan Menteri tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan Peraturan Menteri tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.Read more ›
  • [Download] Panduan Matrikulasi Kurikulum 2013
    Konsekuensi dari kewajiban mengimplementasikan Kurikulum 2013 di kelas XI SMA ini, maka di SMA-SMA yang belum melaksanakan Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013-2014, perlu upaya untuk mengkalibrasi kompetensi siswanya agar sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, yakni melalui Program Matrikulasi. Read more ›
  • [Download] Materi Pelatihan BK dalam Kurikulum 2013
    Implikasi lebih lanjut dari kegiatan pelatihan ini adalah bagaimana para guru Guru BK/Konselor di lapangan untuk menterjemahkan layanan BK dalam berbagai bentuk kegiatan pelayanan BK yang bermutu tinggi. Tampaknya memang hanya dengan dengan pelayanan BK yang bermutu tinggi, kita bisa mencapai apa yang dicita-citakan dari kehadiran Kurikulun 2013. Read more › […]
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: