MENGARANSEMEN LAGU MANCANEGARA DI ASIA

A. Pengertian aransemen

Aransemen berasal dari bahasa belanda arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan warna suara penyanyi atau instrumen musik yang didasdarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

Setiap orang dapat menyusun aransemen lagu sesuai dengan selera masing-masing. Orang yang melakukan aransemen lagu dikenal dengan arranger atau pengaransemen. Modala dasar yanhg harus dimilikki seseorang arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni. Ada tiga jenis aransemen.

1.      Aransemen Vokal

Setiap lagu dapat disusun aransemen khusus vokal, yaitu dalam suara dua, tiga suara atau ermpat suara. Untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah adalah menyusun aransemen lagu dalam dua suara. Untuk menyusun aransemen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.

Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa masih kurang memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagutersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang baik dan memuaskan.

2.      Aransemen Instrumen

Dalam menyusun instrumen aransemen instrumen sangat berbeda dengan menyusun aransemen vokal. Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan.   Untuk menyusun aransemen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akor. Bagian dari suatu aransemen musik dikenal dengan istilah partituur (Belanda), partitura (Italia), part (Inggris), parte (Prancis). Dan aransemen instrumen, kebanyakan partitur bermain bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada umumnya semua partitur semuanya berbunyi bersamaan.

3.      Aransemen Campuran

Yang dimaksud aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan aransemen instrumen. Teknik yang dilakukan adalah menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen instrumen yang ditonjolkan pada umunya adalah vokalnya,sedangkan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau konduktor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan

21012011786

21012011785

21012011783

21012011782

Lebih Banyak Foto

RSS Tentang Pendidikan

%d blogger menyukai ini: