Tari India

Kebudayaan India sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu., dengan ini kebudayaan India sangat kaya dengan pelbagai jenis tarian suku India. Tarian India dapat digolongkan menjadi dua gaya yaitu gaya tradisional dan gaya klasik.

Gaya tari klasik terdiri dari tujuh macam tarian yaitu, Barata Natyam, Odissi, Mohiniattam, Kathak, Kayhakhali, Kuchupuddi, dan Manipuri. Dari ketujuh gaya tari  klasik yang terkenal adalah Bharata Natyam dan Kathak.

A. TARI BHARATA NATYAM

Bharata Natyam adalah sebuah gaya tari klasik yang penuh dengan tradisi, yang mana untuk menguasainya perlu mengambil masa bertahun-tahun karena terdapat pelbagai gerakan tangan, kaki dan mata yang harus dipelajari  demi untuk mempersembahkan tarian warisan lama yang dihormati ini secara lengkap,  yang penuh kegemilangan.

Bharata Natyam adalah “Sumber Cerita”  dari sifat aslinya merupakan ekspresi menghambakan diri kepada Tuhan-tuhan hindu, Interpretasi nama untuk tari Bharata Natyam adalah BHA (ekspresi) + RA (muzik) + TA (irama) + NATYAM (tarian).

Tarian Bharata Natyam berasal dari wilayah Tamil Naidu di selatan India yang terkenal dengan tarian kebangsaan India. Ini adalah bentuk tari abad 20, Rekonstruksi Cathir, seni penari-penari di candi, cathir pula, merupakan tarian dari bentuk tari zaman dahulu. Tari ini merupakan tari klasik India yang paling banyak diamalkan di selatan India.

Bharata Natyam berupakan perwujudan musik dalam bentuk visual. Upacara, dan suatu tindakan kekuatan. Tari Bharata Natyam dan muzik Carnatic tidak dapat dipisahkan dalam suatu persembahan. Ini adalah salah satu dari kelima gaya besar yang merangkum Odissi yaitu unsur air, dan Mohiniattam yaitu unsur udara.gerakan tari Bharata Natyam yang asli menyerupai api.

Bharata Natyam merupakan perwujudan dari ide dahulu yaitu perayaan alam semesta yang kekal melalui perayaan dari keindahaan tubuh manusia. Tari Bharata Natyam adalah benbtuk tari tunggal yang dilakukan oleh seorang penari perempuan. Dalam sajiannya terdiri dari dua aspek yaitu; mLatsya adalah wanita yang lemah gemulai dan lembut, yang kedua adalah Tandava yaitu maskulin.

E. Krisna Iyeradalah orang yang menaikan status sosial tari Bhara Natyam dan mempopulerkannya. Pada tahun 1936 Rukmini Devi Arundale mendirikan sekolah Kalakshetra di luar kota Madras, untuk mengajar dan mempromosikan musik India. Dia juga orang pertama yang memperkenalkan tari Bharata Natyam kepada kaum laki-laki.

B. TARI KATHAK

Tari kathak merupakan tari klasik India yang berasal dari utara India. Kata Kathak berasal dari kata Kathak yang artinya bercerita.

Dari sifat asalnya  yang merupakan ekspresi menghambakan diri pada dewa-dewa India pada waktu pemerintahan era Mongul di India tarian Kathak telah berpindah dari kuil ke istana-istana Mongul. Pada waktu itu tarian ini sudah di campuri dengan tarian budaya Turki dan puisi.

9 Komentar (+add yours?)

  1. arika
    Agu 09, 2016 @ 16:06:10

    lebih baik lagi jika ditambah ciri gerak, kostum, rias, dll

    Balas

  2. Pak Blu Bend
    Agu 02, 2016 @ 20:12:04

    oke sip

    Balas

  3. m. 1
    Des 03, 2015 @ 17:02:06

    ora apik… elek nemen… wekwekwek…

    Balas

  4. Ira Rahayu
    Des 01, 2015 @ 18:46:01

    tari kuchipudi ada gak?
    thanks infonya 🙂

    Balas

  5. enjel
    Mei 19, 2014 @ 20:25:14

    makasih banyak ya… 🙂

    Balas

  6. iunyustika
    Sep 07, 2013 @ 09:06:16

    memang.a tdk ada yang lain

    Balas

  7. khalid umar
    Jan 15, 2012 @ 22:00:08

    makasih banyak ya bu dan pak atas infonya…….

    Balas

  8. Pengurus
    Agu 19, 2011 @ 07:07:01

    Terima kasih.. 🙂
    Usulnya bagus sekali. Akan kami usahakan untuk postingan mendatang. Bukan saja tari Manipuri tapi juga jenis-jenis tarian yang lain.

    Balas

  9. Afif
    Agu 18, 2011 @ 13:47:28

    loh kok cuma tari Bharata Natyam dan Kathak aja.

    Kita lagi butuh tari manipuri nih..

    request penjelasan n asal usulnya dong..

    Balas

Tinggalkan komentar

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan