Aransemen Musik

A.                PENGERTIAN ARANSEMEN

Aransemen berasal dari bahasa Belanda Arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen musik yang di dasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah. Orang yang melakukan aransmen lagu dikenal dengan sebutan Aranger atau pengaransmen. Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni.

Ada tiga jenis aransemen sebagai berikut :

1.         Aransmen Vokal

Setiap lagu dapat disusun aransmen khusus vokal, yaitu dalam dua suara, tiga suara, empat suara. Untuk menyusun aransmen vokal, yang paling mudah adalah menyusun atransmen lagu dalam dua suara, karena untuk menyusun aransmen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.

Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun aransmen lagunya kemusian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa kurang baik/memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransmen lagu tersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang sangat memuaskan.

2.         Aransmen Instrumen

Dalam menyusun arransmen instrumen sangat berbeda dengan aransmen vokal. Untuk menyusun aransmen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan. Untuk menyusun aransmen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akord.

Bagian-bagian dari suatu aransmen musik dikenal dengan istilah Partituur ( Belanda ), Partitura ( Italia ), Part ( Inggris ), Parte ( Perancis ). Dan dalam aransmen instrumen, kebanyakan partitur dimainkan bergantian tugas, sedangkan dalam aransmen vokal pada umumnya semua partitur umumnya berbunyi bersamaan.

3.         Aransmen campuran

Yang dimaksud aransmen campuran adalah campuran aransmen vocal dan instrumen. Teknik yang dilakukan adalah menggabungkan dua jenis arransmen yang telah ada.

Dalam aransmen campuran pada umumnya yang ditonjolkan adalah vokalnya, sedanglan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan, sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransmen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau conductor.

B. MENGARANSEMEN LAGU DALAM BENTUK MUSIK ANSAMBEL

Kata ansambel berasal dari bahasa Perancis ensemble yang artinya bersama-sama. Dengan demikian musik ansambel dapat diartikan sajian musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik atau beberapa jenis alat musik.

JENIS-JENIS ALAT MUSIK

Berdasarkan pengelompokannya, alat musik dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu : berdasarkan cara memainkannya, berdasarkan sumber bunyinya dan berdasarkan fungsinya.

1. Berdasarkan Cara Memainkannya

a.       Alat musik tiup, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara di tiup.

Contoh : harmonica, recorder, tuba, seruling, flute, bason, horn, terompet, pianika, saksofon, clarinet dan lain-lain.

b.      Alat musik gesek, yaitu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek.

Contoh : biola, rebab, cello, violin, kontra bas, viola dan lain-lain

c.       Alat musik petik, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipetik.

Contoh : gitar, bas, mandolin, harpa, siter, banjo, sasando, ukulele, dan lain-lain.

d.      Alat musik pukul, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul.

Alat musik pukul ada dua macam:

1)      Alat musik pukul bernada

Contoh : kulintang, perangkat gamelan, calung, vibraphone, arumba, xylophone, bellira, glockenspiel dan lain-lain.

2)      Alat musik pukul tak bernada

Contoh : gendang, ketipung, rebana, tamborin, symbal, tympani, triangle, kastanyet, gong, pauken, drum set dan lain-lain.

e.       Alat musik tekan, yaitu alat musik yang cara memainkannya dengan cara ditekan.

Contoh : piano, organ, keyboard dan lain-lain.

2. Berdasarkan Sumber Bunyinya

Berdasarkan sumberbunyinya alat musik dapat dikelompokkan menjadi lima.

a.       Aerophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara yang bergetar dengan cara ditiup atau dipompa.

Contoh : flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone dan horn yang dimainkan dengan cara ditiup. Akordion dengan dipompa.

b.      Idiophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul atau sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri. Contoh : bellira, calung, angklung, kulintang, perangkat gamelan

c.       Chordophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai yang bergetar dengan cara di petik, digesek dan ditekan. Contoh :

a)      Di petik    : gitar, harpa mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas dan lain-lain.

b)      Di gesek   : biola, viola, cello, double bass, rebab

c)      Di tekan : piano akustik

d.      Membranophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran selaput tipis yang terbuat dari kulit atau plastic dengan cara dipukul. Contoh : tamborin, rebana, bedug, drum set, ketipung, bongo, konga, tympani dan lain-lain.

e.       Elektrophone, yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari rangkaian elektronika yang terdapat di dalam alat tersebut. Dengan kecanggihan teknologi alat tersebut dapat menghasilkan segala macam alat musik. Contoh keyboard. Organ elektrik, gitar elektrik, bass elektrik dan lain-lain.

3. Berdasarkan Fungsinya Dalam pergelaran

Berdasarkan fungsinya dalam pergelaran alat musik dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu :

a.       Alat musik melodis, yaitu alat musik yang digunakan untuk memainkan rangkaian nada-nada (melodi) sebuah lagu. Contoh : seruling, saksofon, pianika, harmonica, flute, terompet, rekorder dan lain-lain.

b.      Alat musik ritmis, yaitu alat musik yang dalam permainannya memberikan irama (ritme) tertentu dalam suatu pergelaran. Contoh : ketipung, konga, bongo, bass, drum set, kendang dan lain-lain.

c.       Alat musik harmonis, yaitu alat musik yang dalam permainannya membawa paduan nada (akor) dalam suatu pergelaran. Contoh : gitar, piano, keyboard, organ dan lain-lain.

27 Komentar (+add yours?)

  1. Alifya salsadila
    Apr 30, 2013 @ 19:59:27

    semoga lmunya bermanfaat. amiiin!

    Balas

  2. Alifya salsadila
    Apr 30, 2013 @ 19:33:20

    ya, Thanks banget ya ilmunya! sangat bermanfaat untuk menambah ilmu

    Balas

  3. hanifah
    Apr 10, 2013 @ 18:18:42

    aku boleh minta tolong g?minta bantuin bikini aransemen

    Balas

  4. Mirul CH....CH....CH
    Apr 09, 2013 @ 09:40:09

    thankszzzz nhaaaa…..:):):)

    Balas

  5. mirul makassar
    Apr 09, 2013 @ 09:37:43

    OK bangettttzzzssss :)(**)

    Balas

  6. ulya
    Mar 30, 2013 @ 16:48:15

    trimakasih, jdi bisa bikin tugas :)

    Balas

  7. LuffyLuqman-san
    Mar 06, 2013 @ 19:10:45

    Thanks gaaannnn!!!
    ini yang ane carrriii!!!

    Balas

  8. Anny Cyank
    Jan 13, 2013 @ 15:02:20

    saya butuh contohnya secepatnya. bisa?

    Balas

  9. Anisa Auliya
    Des 05, 2012 @ 14:48:39

    Thanks

    Balas

  10. vakum pembesar penis
    Nov 22, 2012 @ 11:00:12

    thanks untuk informasinya

    Balas

  11. cleaning services
    Okt 09, 2012 @ 08:41:47

    terima kasih atas informasi yang di berikan

    Balas

  12. PURNAMA MANROPI
    Jun 06, 2012 @ 00:58:37

    TRIMA KASIH ATAS TULISANNYA SANGAT BERGUNA UNTUK MENGEMBANGKAN MATERI PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK SISWA,,,,,,,,,,,,,,,SEMOGA DAPAT DIKEMBANGKAN DIMASA YANG AKAN DATANG ,,,,,,,,,,,,,SALAM ,,,,,,,,

    Balas

  13. Q_tienk12PLO
    Mei 25, 2012 @ 20:25:51

    thanks atas forum nya uddh ngebantu banget

    Balas

  14. Siti Nur' Aini
    Mar 17, 2012 @ 04:25:05

    makasih ya kak udh d muat disini
    aku jdi lebih pinter nih

    Balas

  15. Diki romansyah
    Mar 13, 2012 @ 19:47:59

    Waw keren aq suka….
    Sgt membantu saya.

    Balas

  16. fithry
    Feb 21, 2012 @ 18:54:26

    thank u banget udah buat artikel ini. artikel ini ngebantu gw buat ngerjain tugas-tugas.

    Balas

  17. king zackhg
    Jan 14, 2012 @ 21:37:21

    ini adalah pelajaran yg penting bgi seorang musisi,supaya tdk merusak keaslian lagu yg mau diaransmen thnks tuk situs yg beharga ini

    Balas

  18. Ruku'
    Nov 24, 2011 @ 19:23:57

    Klo penyusunan aransemen carax gimana?
    ?¿ :-/

    Balas

  19. desy nag bezt plend
    Nov 21, 2011 @ 19:37:57

    aq sukaaaa bgtttttzzzz…..
    :p

    Balas

  20. mabrow sevenfold
    Nov 21, 2011 @ 19:35:01

    menolong bgt, lengkap, bagus, gx membosankan :D

    Balas

  21. dian_tjah surobayan
    Nov 21, 2011 @ 19:33:09

    luar biasa!!!!
    gokil!!!!100%
    xixixixixixixi….:)

    Balas

  22. alviend_pincux
    Nov 21, 2011 @ 19:29:33

    .WAW!!!!!
    .bsgus bgt!!!!
    .lebih lengkap daripada di buku….
    .
    .
    .hehehehhehehehe

    Balas

  23. BE ARRANGER
    Sep 02, 2011 @ 14:48:08

    artikel ini sangat menolong. Terima kasih mas.
    teman-teman bisa juga cek http://www.aransemen-musik.com

    Balas

  24. xero Alpan
    Jun 14, 2011 @ 20:18:56

    Thx atas pengetahuannya . Very usefull you know

    Balas

  25. www.oksida.com
    Jun 13, 2011 @ 11:21:43

    makasih atas sharing ilmunya…!!

    Balas

  26. apppikk
    Mei 11, 2011 @ 07:35:33

    appikk

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan

21012011786

21012011785

21012011783

21012011782

More Photos

RSS Tentang Pendidikan

  • Sinergi Arah Peminatan Pendidikan Dasar dengan Pendidikan Menengah
    Peminatan di sekolah sebagai jawaban atas permasalahan yang timbul di masyarakat mengenai pemilihan jurusan atau arah peminatan yang menggambarkan keraguan peserta didik dalam menentukan pilihan mata pelajaran atau jurusan pada sekolah lanjutan atas yang sesuai dengan kemampuannya...Read more ›
  • Jambore Konselor Indonesia 2014
    Ikatan Konselor Indonesia (IKI) akan menggelar kegiatan Jambore Konselor Indonesia I Tahun 2014 bertempat di P4TK Penjas dan BK Parung – Bogor, 21-23 Maret 2014...Read more ›
  • Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar
    Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar mengacu kepada Permendikbud No. 81A/2013 bahwa pelaksana layanan BK di SD adalah Guru Kelas. Beberapa jenis layanan BK, seperti: layanan orientasi, informasi, penempatan, dan penguasaan konten dapat dilakukan dengan cara menginfusikan materi layanan ke dalam proses pembelajaran tematik. ....Read more ›
  • Supervisi Diri untuk Pertumbuhan Profesionalisme Guru
    Supervisi diri dapat diartikan sebagai kemampuan seorang guru untuk memahami kemampuan diri, mengatur diri dan mengevaluasi dirinya sendiri dalam rangka beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan situasi lingkungan kerjanya, sehingga pada gilirannya dia dapat bekerja secara efektif, efisien dan produktif... Read more ›
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 51 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: