Seni Reklame

RINGKASAN MATERI

I. PENGERTIAN

Para penjual makanan yang berkeliling di sekitar rumah kalian selalu mempunyai cara yang unik untuk menawarkan dagangannya.  Ada yang menggunakan kentongan, ada yang membunyikan mangkok atau dengan bunyi-bunyian lain memakai musik dari kaset.  Kegiatan ini merupakan cara menawarkan barang supaya orang mengenal dan tertarik untuk kemudian membelinya.  Proses menawarkan barang atau jasa inilah yang dikenal dengan istilah reklame.

Berasal dari bahasa Spanyol, kata RE (kembali / berulang) dan CLAMOS (berseru).   Reklame berarti seruan yang berulang atau kembali diserukan.  Pengertian yang lebih luas dari reklame adalah suatu karya seni rupa  yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengan cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membelinya.

Reklame berdasarkan cara penyampaiannya dibedakan menjadi dua yaitu :

a. Cara tradisional

Reklame dalam bentuk yang sederhana baik peralatan maupun teknik penyampaiannya.  Beberapa bentuk reklame jenis ini misalnya :

–          Penjual bakso keliling yang membunyikan mangkoknya dengan sendok.

–          Penjual sate menggunakan lonceng kecil sehingga orang mengetahui jika ada penjual sate yang datang.

–          Penjual Ice Cream dengan musik yang menarik.

–          Penjual obat tradisional menggunakan pengeras suara dan atraksi untuk menarik perhatian pengunjung di pasar dan lain sebagainya.

b. Cara Modern

Reklame dalam bentuk yang lebih modern baik media maupun teknik penyampaiannya.  Beberapa bentuk reklame jenis ini misalnya :

–          Iklan

–          Spanduk

–          Baliho

–          Selebaran

–          Brosur

–          Etiket dan sebagainya

II. MEDIA REKLAME

Berdasarkan media penyampaiannya Reklame dibedakan menjadi :

a. Reklame Audio

Media yang digunakan adalah suara atau kode bunyi-bunyian tertentu, baik dengan alat tertentu atau dengan vokal manusia.  Contohnya pada bentuk reklame secara tradisional.  Tetapi reklame Audio secara modern sekarang sudah banyak yang menggunakan seperti reklame melalui siaran radio.  Melalui siaran radio, pesan atau penawaran dilakukan dengan cara diucapkan atau dibacakan dengan dialog.

b. Reklame Visual

Media yang digunakan adalah obyek yang dapat dilihat mata dan gambar, baik gambar diam maupun gambar yang bergerak (film).  Yang termasuk jenis reklame visual antaralain :

–          Poster

Merupakan bentuk reklame berupa gambar dan tulisan pada selembar kertas dan ditempel ditempat-tempat umum

–          Iklan

Jenis reklame yang bentuknya singkat dan dimuat di media cetak seperti koran, tabloid atau majalah.

–          Plakat

Bentuknya secara visual hampir sama dengan poster, hanya ukurannya saja yang lebih kecil dan biasanya ditempel di tembok atau di pohon-pohon di tepi jalan. Penyajiannya lebih sederhana dibandingkan dengan poster.

–          Spanduk

Berbentuk selembar kain yang direntangkan melintang di atas jalan raya atau di tepi jalan.  Tulisan pada spanduk lebih sederhana dan mudah dibaca serta dipahami para pemakai jalan atau pengendara kendaraan dapat membacanya tanpa harus  berhenti.

–          Selebaran

Bentuknya kecil seperti plakat tetapi sudah dilengkapi dengan gambar.  Ciri khas bentuk reklame ini adalah cara menyampaikannya yaitu dengan cara diberikan secara langsung dari tangan ke tangan kepada calon konsumen.  Adapula yang dilakukan dengan cara disebar begitu saja dari mobil sambil berjalan atau dari atas pesawat yang sedang terbang.

–          Baliho

Bersifat sementara dan ukurannya besar dan diletakkan di tepi jalan-jalan yang strategis.  Dibuat secara semi permanen dengan bambu, kayu, atau pipa besi sebagai penyangganya.  Namun sekarang sudah dijumpai bentuk baliho yang menggunakan media kain atau kertas yang berukuran sangat besar dan ditempelkan pada tempat khusus.

–          Billboard

Hampir sama dengan baliho karena  berukuran besar, tetapi jenis reklame ini sifatnya lebih permanen karena dipasang dalam waktu yang cukup lama dan ditempatkan diatap atau diatas pertokoan

–          Buklet

Berbentuk seperti buku karena tulisan dan gambarnya terdiri dari beberapa halaman yang dijilid atau dilipat-lipat.  Informasi yang ingin disampaikan lebih lengkap.

–          Embalase

Bentuk reklame yang dibuat langsung pada permukaan kemasan barang atau produk.

–          Mobile

Reklame berbentuk media tiga dimensi yang dapat bergerak.  Baik bergerak sendiri karena tertiup angin (digantung) atau dengan mesin motor penggerak bertenaga batery/ listrik.  Ada juga jenis reklame ini yang menggunakan media balon gas.

–          Etalase

Reklame tiga dimensi yang terdapat pada ruang kaca di depan-depan toko.  Memamerkan barang yang dijual dengan penataan  yang menarik.  Biasanya menggunakan patung-patung manusia (manequin) untuk memamerkan pakaian yang dijual.

c. Reklame Audio-Visual

Menggunakan media gabungan dari audio dan visual.  Contohnya pada bentuk reklame yang ditayangkan di televisi, slide atau video klip.   Penyampaian reklame dengan media ini dianggap paling berhasil karena menarik dan lebih mudah dipahami orang.

III. TUJUAN PEMBUATAN REKLAME

Berdasarkan tujuan pembuatannya, reklame dibedakan menjadi reklame komersial dan reklame non komersial.

a. Reklame Komersial (Ekonomis)

Reklame yang dibuat untuk menawarkan barang dan jasa.  Dengan reklame diharapkan pembeli lebih tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan dan keuntungan yang diperoleh lebih banyak.  Jenis reklame ini banyak digunakan para pedagang atau pengusaha dalam meningkatkan keuntungan.

b. Reklame Non- Komersial (Sosial)

Reklame yang dibuat untuk mengajak atau menghimbau orang lain untuk mau melakukan sesuatu.  Keuntungan yang diperoleh biasanya bukan dalam bentuk materi secara langsung.  Misalnya poster PIN (Pekan Immunisasi Nasional), poster anjuran untuk hidup bersih, poster peringatan bahaya Demam Berdarah dan sebagainya.

IV. UNSUR-UNSUR DALAM REKLAME VISUAL

Bentuk reklame yang baik, mudah dipahami dan menarik harus memperhatikan beberapa unsur pendukungnya.  Beberapa unsur pendukung tersebut adalah ;

a. Teks atau slogan yang jelas dan mudah dimengerti

Terdiri dari teks utama (headline) dan teks penjelasan yang mendukung headline

b. Bahasa yang baik dan menarik dengan bentuk huruf yang sesuai

Pemilihan bahasa dan kalimat harus disesuaikan dengan sasaran konsumen / pembaca yang akan menggunakan produk, begitu juga dengan bentuk dan warna hurufnya.  Bahasa yang digunakan pada reklame pupuk untuk petani tentu berbeda dengan bahasa yang digunakan pada reklame komputer untuk pengusaha, berbeda juga dengan reklame mainan untuk anak-anak.

c. Gambar illustrasi menarik dan mudah diingat.

Ilustrasi gambarnya tidak boleh bohong artinya bentuk gambar harus sesuai dengan produk aslinya.  Obyek yang digunakan juga menyesuaikan dengan tema dan tujuan reklamenya.  Misalnya gambar-gambar kartun yang lucu banyak digunakan pada reklame produk anak-anak.

d. Lay Out yang baik (tata letak antara gambar dengan tulisan)

Harus cerdik dalam menempatkan posisi teks dan gambarnya.  Dalam hal ini pengaturan komposisi mempunyai peran penting sehingga secara keseluruhan reklame menjadi enak dilihat dan pesan yang disampaikan cepat dipahami.

e. Warna yang menarik dan tepat sesuai dengan isi reklame

Dalam hal ini harus dipahami sifat-sifat warna, karena jenis warna sangat mempengaruhi psikologis orang yang melihatnya. Terlalu banyak warna merah cenderung membuat orang yang melihatnya merasa panas sehingga kurang sesuai jika digunakan pada reklame minuman segar.  Contoh lain, anak-anak menyukai warna-warna yang terang dan cerah, sehingga untuk reklame produk anak-anak, jenis warna seperti merah, kuning, biru, banyak digunakan.

V. MENGENAL BENTUK HURUF

Tulisan dalam bentuk kalimat yang terdapat di dalam reklame sangat menentukan keberhasilan reklame.  Huruf sering diartikan sebagai simbol bunyi dan dapat mencerminkan karakter atau pesan yang ingin disampaikan.  Oleh karena itu tema yang disampaikan, produk yang ditawarkan atau jenis konsumen yang melihatnya ikut menentukan bagaimana bentuk huruf yang tepat.

Beberapa contoh huruf dengan berbagai bentuk yang memberikan kesan atau perasaan baru bagi orang yang membacanya sesuai pesan yang ingin disampaikan.

Jika kalian perhatikan baik-baik, beberapa jenis huruf ada yang memberikan kesan lucu, ceria, memberi kesan elegan / indah tetapi ada juga bentuk huruf yang memberi kesan menakutkan.  Kalian juga dapat berkreasi sendiri dengan bentuk-bentuk huruf ciptaan sendiri, dengan catatan bentuknya tidak meninggalkan pola aslinya.  Untuk itu ada baiknya kalian mempelajari sejarah dan pola dasar bentuk huruf.

a. Sejarah Perkembangan Huruf

1)      Huruf pertama disebut Picthograph, diyakini mulai dikenal manusia sekitar tahun 2000 SM.  Bentuknya masih berupa simbol-simbol gambar yang mewakili maksud tertentu.

2)      Mulai tahun 1000 M, bentuk dan jenis huruf yang digunakan mulai berkembang pada masing-masing negara.  Di daerah Babilonia muncul jenis huruf Yunani Latin dan huruf Arab.  Di daerah Mesir dikenal dengan jenis huruf Paku (Hyrogliph, dipahat pada lempengan tanah menggunakan paku). Huruf Kanji dikenal di daratan Cina.

3)      Tahun 114 Masehi dikenal 23 jenis abjad oleh bangsa Romawi, yang menjadi asal mula huruf yang kalian kenal sekarang ini.

4)      Huruf cetak mulai dikenal pada tahun 1455 Masehi.

5)      Tahun 1540 Masehi muncul bentuk huruf berkait sebagai perkembangan dari huruf Romawi. ( kait = serif ) dikenal dengan nama Garamond.

6)      Abad 19 menjadi awal kemunculan jenis huruf Egypt (Beton) dan huruf tanpa kait Sans serif.  Dari sini kemudian banyak bermunculan jenis-jenis huruf yang jumlahnya sangat banyak dan bervariasi.

47 Komentar (+add yours?)

  1. trishaaa
    Feb 20, 2019 @ 08:00:37

    membantu bagi anak yang lagi diperpus mati-matian kerjain tugas seni rupha hehehehehe 🙂

    Balas

  2. justin febrian sidik
    Nov 08, 2018 @ 21:04:08

    makasih informasinya tapi kurang gambarnya!!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  3. Trackback: Baliho Brosur Atau Poster Termasuk Dalam Jenis Gambar Ilustrasi | Visi Pariwara
  4. Azha milati
    Mar 01, 2018 @ 17:27:11

    Makasih ka yang udah nulis artikel ini
    Artikel ini membantu aku banget😆

    Balas

  5. Narti
    Sep 28, 2017 @ 12:39:50

    izin ce-ve yaaaa

    Balas

  6. Narti
    Des 01, 2016 @ 07:47:52

    Thanks yaaa.

    Balas

  7. rizky anggreni
    Nov 22, 2016 @ 20:10:40

    makasi bgt,, sangat membantu

    Balas

  8. dwi ardy arfiansyah
    Sep 29, 2015 @ 19:49:13

    Bagaimana dengan soal saya sebutkan jenis dan sifat dari unsur BENTUK dengan benar

    Balas

  9. Eghan Rahma Watiie
    Jun 04, 2015 @ 12:15:20

    maksih buat informasinya

    Balas

  10. wendy r
    Mar 02, 2015 @ 12:07:51

    Woow keren

    Balas

  11. hikmah
    Feb 19, 2015 @ 16:39:17

    reklame jenisnya apa sih

    Balas

  12. Elsa
    Nov 10, 2014 @ 19:25:54

    Trimakasih atas infinya ya tp agak kurang jelas dan lengkap

    Balas

  13. wahyu
    Okt 19, 2014 @ 10:10:29

    makasih ya???
    materinya udah bantu banget

    Balas

  14. wahyu
    Okt 19, 2014 @ 10:07:13

    materinya sangat lengkap tetapi adayang masih kurang yaitu gambarnya

    Balas

  15. Afridha NF
    Agu 18, 2013 @ 09:35:06

    Teknik gambar dan cara pembuatan masing masing conyoh reklame visual nya apa?

    Balas

  16. Irma
    Agu 17, 2013 @ 09:51:57

    kok gk ada gambar reklamenya zaw,,???
    dikasih contoh gambar reklamenya doonkk,,!! biar tmbah faham,,, tpi gmbarnya yang mudah dimengerti dan di fahami yaa,,, 🙂
    terimakasih,,

    Balas

  17. aniez
    Mar 15, 2013 @ 11:31:58

    kurang lengkap

    Balas

  18. wika smpn12 sby
    Mar 12, 2013 @ 12:55:35

    makasih lho yaaa….. sangat membantu , makasih adminnnnn……. 🙂

    Balas

  19. Fia Maretha Rahma
    Mar 08, 2013 @ 07:52:59

    Thanks Banget Admin ! Ini membantu Saya membuat klipping Seni Budaya…. 😀 (y)

    Balas

  20. Nabilha Salffa Muthvii
    Feb 02, 2013 @ 08:05:22

    Kurang lengkap..
    Ini msh btuh..lg ada pljrn.na 😀

    Balas

  21. Elidarni
    Jan 28, 2013 @ 18:57:09

    Bgus juga,,,
    soal nya aq lg nyari arti seni reklame,tau tuh di sruh bpk guru ( pak arifin )… 🙂

    Balas

  22. nia
    Nov 16, 2012 @ 19:55:21

    artikel nya bagus banget and lengkap
    v di kasi contoh nya ya
    biar enak belajar nya……….
    hehehe
    #RaFitSa

    Balas

  23. Nedhy Ji
    Sep 10, 2012 @ 21:39:16

    Sbd adalah kewajiban untuk semua pelajar

    Balas

  24. evia
    Jul 06, 2012 @ 08:14:13

    ada materi tentang poster gag ?
    seperti jenis-jenis poster dan bentuk-bentuk poster ?

    Balas

  25. chelsea
    Mei 04, 2012 @ 16:21:39

    bagus! thanks ya!

    Balas

  26. Henri
    Apr 19, 2012 @ 09:53:24

    penjelasanya bagus,sma spt mta pelajara senirupa jama ane sekolah dulu..

    Balas

  27. fajrial
    Mar 05, 2012 @ 18:30:07

    materinya bagus

    Balas

  28. fajrial
    Mar 05, 2012 @ 18:29:38

    makasih ya materi nya lengkap

    Balas

  29. arina dea
    Jan 09, 2012 @ 14:33:45

    materi yang lengkap,,.
    makasih uda bantu buat kliping,,.

    Balas

  30. juliana nurhandika
    Sep 20, 2011 @ 19:48:44

    materinya sih bagus tp aku mau ngambil gambarnya tp kok gk ada??

    Balas

  31. Geovano Satria
    Sep 17, 2011 @ 11:29:00

    materi di perinci lagi , biar lebih bagus

    Balas

  32. Pengurus
    Sep 16, 2011 @ 11:10:08

    Terima kasih Lea, Norman,Echi dan Anna…atas komentar dan tanggapannya
    saran untuk bisa memperbaiki/melengkapi lagi posting dengan foto, akan kami tindaklanjuti..
    Salam 🙂

    Balas

  33. Anna Rizkia
    Sep 15, 2011 @ 12:28:33

    Bagus!
    Lebih bagus lagi kalau lengkap dgn contoh gambarnya,,
    Biar bantu untuk buatin Klipping!
    Thanks atas materinya..

    Balas

  34. echi
    Sep 02, 2011 @ 11:58:08

    bgs

    Balas

  35. Norman Bintang
    Agu 23, 2011 @ 19:32:15

    makasi atas materinya ya.

    Balas

  36. lea
    Agu 12, 2011 @ 20:01:22

    materinya bagus!!! Lengkhap bgt!

    Balas

Tinggalkan Balasan ke nia Batalkan balasan

CO.CC:Free Domain

Hasil Karya dan Kegiatan